70 Persen UMKM adalah Mamin

48
0
BAGIKAN
DIABADIKAN BERSAMA: Sejumlah pengusaha UMKM yang tergabung dalam Himpunan Pelaku UMKM (Himpu) diabadikan bersama.

PONTIANAK – Himpunan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Himpu) saat ini telah memiliki lebih dari 200 anggota yang merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Dari total tersebut, sebagian besar masih di dominasi pelaku usaha makanan dan minuman (mamin)

“Anggota lebih dari 200 UMKM dan 70 persen adalah pelaku usaha yang memproduksi makanan dan minuman olahan,” ungkap Ketua Himpu, Abdurachman, saat kegiatan Ulang Tahun Himpu yang kedua, Jumat (30/3) di Pontianak. Maman, sapaan akrabnya, mengaku bahwa UMKM di Kota Pontianak memang masih didominasi sektor yang satu ini. Untuk selanjutnya, dia menambahkan, ada di sektor industri kreatif, perdagangan dan jasa, serta pekebunan dan perikanan. Meski demikian, selaku asosiasi UMKM, pihaknya tetap memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh anggota untuk berkembang. Salah satu misi mereka adalah membuka pangsa pasar bagi para anggotanya. Hal ini pun sudah dilakukan mereka dengan memberikan peluang bagi seluruh anggota, untuk menampilkan produk mereka dalam kegiatan pameran, baik dalam skala lokal, nasional, hingga mengikuti kegiatan pameran di negara tetangga.

“Kagiatan pameran-pameran juga dapat terwujud berkat kerja sama organisasi ini dengan pemerintah daerah, baik tingkat kota maupun tingkat propinsi,” katanya.

Perjanjian kerja sama bisnis juga dilakukan mereka dengan beberapa retail modern yang ada di Kalbar. Hal ini dimaksudkan dia, guna mendorog produk para anggota Himpu semakin dikenal dan hadir di tengah-tengah masyarakat.

Adapun dari sisi pembinaan dan keterampilan para pelaku UMKM, pihaknya biasa melakukan diskusi bisnis, yang merupakan program kerja internal mereka. Di samping itu, mereka juga terus mengikutsertakan para anggota dalam beberapa seminar dan pelatihan, yang diadakan oleh pemerintah maupun asosiasi bisnis lainnya.

“Ini dilakukan supaya para anggota Himpu tidak ketinggalan perkembangan bisnis khususnya dunia UMKM,” ucapnya.

Dia pun berharap, melalui upaya-upaya tersebut, Himpu dapat terus menjadi organisasi yang mampu mengayomi para pelaku UMKM yang ada di Kalbar, khususnya di Kota Pontianak. Dia juga berharap, melalui organisasi ini, mampu menjadikan para anggotanya selangkah lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya, demi mewujudkan keinginan bersama yaitu UMKM naik kelas. (sti)

SumberPontianak Post
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini