Kamek Borneo Olah SDA jadi Unggulan

12
0
BAGIKAN

Kamek Borneo, berkunjung ke Dapur Redaksi Pontianak Post. Selain berkunjung dalam rangka HUT Pontianak Post ke 41, Kamek Borneo juga mengenalkan produk UKM yang dibuatnya.

Kamek Borneo, mengolah sumber daya alam asli daerah menjadi produk unggulan. Sumber daya ini dikolaborasikan dengan daerah lainnya. “Kami mengkolaborasikan sesuai dengan potensi daerah, misalnya di Kalbar melahirkan motif. Karena tidak ada kulit, kami ambil kulitnya dari daerah Jawa. Sumber daya ini pun diolah menjadi produk UKM yang memiliki nilai jual tinggi,” kata Owner Kamek Borneo, Eko Dadiek Suryadi.

Eko berkunjung bersama rekan-rekannya. Gusti Elfira yang juga menjadi pelopor pengusaha perempuan di  Jakarta. Kunjungan mereka diterima Direktur Utama Pontianak Post, Tresnowati, Direktur Pontianak Post Salman B, Pemred Pontianak Post Heri S, Redaktur Pelaksana Khairul Rahman dan Redaktur Pontianak Post Yulfi Asmadi. Dalam kunjungannya itu, Eko juga membawakan tas yang bermotif etnil lokal Kalimantan Barat.

Dalam kunjungan itu, Eko memaparkan potensi lokal yang bisa dimanfaatkan menjadi produk unggulan dan kemudian bisa dijual di luar. Produk tersebut dikolaborasikan sehingga menjadi ikon di dua daerah sumber daya.

“Misalnya tidak bisa ke Kalbar, tapi mereka bisa dapatkan produk Kalbar  di Yogyakarta. Motif asal Kalbar, tapi sebenarnya sudah dikolaborasikan dari dua tempat. Dengan produk ini kami juga menunjang sektor pariwisata,” kata Eko.

Eko sendiri merupakan pengusaha asal Yogyakarta. Menurut Eko dipilihnya Kalimantan Barat untuk mengembangkan konsep ini karena kaya akan potensi hanya saja belum banyak diolah menjadi produk unggulan yang menjadi ikon suatu daerah.

Proses pemasaran bersentuhan langsung dengan bidang pariwisata. Produk ini bisa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan. Kedua mereka yang belum pernah berkunjung ke Kalimantan Barat. Ketiga melalui pasar umum, mengenalkan ke masyarakat mutu dari produk yang bercorak etnik lokal tidak kalah dibandingkan dari luar.  (mse)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini