Kisah Brigpol Firmansyah, Polisi yang Abdikan Diri Jadi Guru di Pelosok

15
0
BAGIKAN
MENGAJAR: Brigpol Firman, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Air Besar, Kabupaten Landak saat mengajar di SDN 13 Dusun Bareh, beberapa waktu lalu.

Sosok anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Polsek Air Besar, Kabupaten Landak menjadi idola di desa tempatnya bertugas. Selain sebagai polisi, ia juga mendedikasikan dirinya sebagai guru sukarelawan di salah satu sekolah dasar negeri di Desa Sekendal, yaitu di SDN 13 Dusun Bareh.

SEBAGAI anggota Bhabinkamtibmas, Brigpol Firmansyah telah banyak membantu warga di tempatnya bertugas. Tak hanya itu, ia juga punya peran lain yang membuatnya sangat dekat dengan warga, yakni sebagai seorang guru. Ada dua desa yang menjadi binaannya, yaitu Desa Semuntik dan Desa Sekendal yang terletak di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak.

Pak Firman, sapaan akrabnya, sudah menjadi guru sukarelawan di SDN 13 Dusun Bareh, Desa Sekendal sejak delapan bulan lalu. Ia mengantongi rekomendasi dari Kepala Sekolah SDN 13 Bareh untuk membantu tenaga pendidik di sekolah tersebut. Polisi ini rela terjun sebagai pendidik lantaran prihatin akan kemampuan dasar para siswa di SDN 13 Bareh yang dinilai kurang memadai.

“Awalnya memang saya prihatin dengan kemampuan dasar anak-anak di SDN 13 Bareh. Namun setelah beberapa kali mengajar di sini, saya melihat ada peningkatan kemampuan anak-anak. Tentu ini adalah harapan bagi masyarakat Dusun Bareh agar lebih semangat memajukan pendidikan,” ucap Brigpol Firmansyah, Jumat (27/4).

Selain membantu mengajar, Brigpol Firmansyah juga merekrut satu orang guru tambahan. Ia sendiri yang membayar gaji guru honor tersebut dengan menyisihkan pendapatannya. Dalam menjalankan tugas mulianya ini, Firman juga bersinergi dan saling berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Komunikasi sering kita lakukan dengan pihak SDN 13 Bareh, orang tua murid, serta perangkat Desa Sekendal dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di SDN 13 Bareh tersebut,” ujarnya.

Setelah beberapa bulan berlalu, sudah banyak perubahan signifikan di sekolah ini berkat kontribusi Firman. Hal itu diakui A Rompos, Kepala SDN 13 Bareh. Salah satu terobosan yang telah dibuat Firman misalnya program wajib baca untuk murid yang belum lancar atau belum bisa membaca.

Caranya adalah dengan memberi buku bacaan kepada pihak sekolah. Kemudian setiap jam istirahat, siswa yang belum lancar membaca diajari oleh Firman dan dibantu oleh rekan guru lainnya. Firman juga sering memberi alat tulis gratis kepada siswa yang kurang mampu.

Rompos sangat bersyukur karena SD yang dipimpinnya ini dibantu secara sukarela oleh Pak Firman. Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Brigpol Firmansyah ini adalah upaya konkret dalam rangka mencapai cita-cita hakiki Bangsa Indonesia. “Salah satunya mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

Begitu juga Pina, guru yang direkrut oleh Firman. Ia sangat bersyukur karena masih ada sosok yang sangat peduli dengan pendidikan di pedalaman seperti Firman. Selain program wajib baca, masih banyak lagi program lain yang dibuat Firman dan dinilai sangat membantu masyarakat. Tak heran jika ia kini menjadi sosok idola di mata masyarakat Desa Sekendal.

“Semoga apa yang telah dilakukan oleh Brigpol Firmansyah dapat menginspirasi anggota polisi lainnya, agar polisi dapat lebih dekat dengan masyarakat,” ujar Pina. Atas pengabdiannya ini, Brigpol Firmansyah pun sempat meraih beberapa penghargaan, yakni sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik Polres Landak tahun 2017, Bhabinkamtibmas Berprestasi Polda Kalbar tahun 2017, serta Vaksinator HPR Terbaik Kalimantan Barat tahun 2018 yang dianugerahkan oleh Gubernur Kalbar baru-baru ini.

SumberPontianak Post
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini