Percepat Perbaikan Infrastruktur Kalbar

36
0
BAGIKAN

INFRASTRUKTUR dan peningkatan kesejahteraan adalah dua hal saling terkait erat. Infrastruktur yang bagus akan mendorong peningkatan pendapatan masyarakat lebih baik. Karena akses transportasi memperlancar perputaran barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan oleh calon gubernur Kalimantan Barat nomor urut 3, Sutarmidji, saat memberikan sambutannya di acara konsolidasi partai NasDem Kabupaten Singkawang, Kamis (12/4).

Menurut Sutarmidji, perekonomian masyarakat dijamin akan membaik, jika infrastrukturnya layak. “Silakan cek daerah kalau angka kemiskinannya rendah, pasti infrastrukturnya bagus,” ungkap calon gubernur Kalbar nomor urut 3, Sutarmidji, yang disambut gemuruh tepuk tangan para peserta konsolidasi partai NasDem Kabupaten Singkawang.

Sebagaimana diketahui memang berdasarkan data Badan Pusat Statisitik (BPS) Kalimantan Barat pada Maret 2017 lalu, jumlah masyarakat miskin di Kalimantan Barat masih sekitar 387.430 orang atau 7,88 persen dari jumlah penduduk Kalbar. Angka kemisikinan Kalbar ini merupakan yang tertinggi se- Kalimantan.

Data tingkat kemiskinan tersebut selaras dengan informasi dari banyak media lokal yang menyebutkan, sebagian besar kondisi infrastruktur Kalbar di daerah, seperti Sintang, Bengkayang, Landak, Melawi, Ketapang, Kapuas Hulu, hingga termasuk juga infrastruktur di daerah perbatasan, rusak parah.

Terkait masih cukup tingginya angka kemiskinan di Kalimantan Barat, Sutarmidji menegaskan langkah awal mengurangi kemiskinan ialah dengan memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan agar akses transportasi masyarakat menjadi mudah, cepat, dan lancar.

“Prioritas kita perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang merata se-Kalimantan Barat ini. InsyaAllah kalau infrastruktur sudah bagus, kemiskinan bisa diatasi. Karena infrastruktur akan memperlancar dan mempercepat akses transportasi. Transportasi yang lancar akan memudahkan masyarakat dalam beraktifitas, seperti aktifitas berwirausaha atau jual beli hasil pertanian dan perkebunan. Dengan cara seperti ini, kita bisa mengurangi angka kemiskinan dan disaat bersamaan mendorong kesejahteraan masyarakat meningkat,” kata Sutarmidji.

Upaya Sutarmidji untuk memprioritaskan perbaikan infastruktur, mendapatkan dukungan luas dari masyarakat Kalimantan Barat. Salah satu diantaranya diungkapkan oleh tokoh masyarakat Bengkayang, Sumihat. “Saya ingin sekali yang terpilih jadi Gubernur Pak Sutarmidji. Agar jalan di daerah kami bisa diperbaiki dan aktifitas sehari-hari tidak terhambat,” tutur Sumihat, dengan penuh semangat. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini