Perpustakaan Naungan Minat Baca

41
0
BAGIKAN

Oleh Sintong Panjaitan

Akhir-akhir ini membuat gempar para pegiat literasi, mahasiswa dan masyarakat luas terkait pencabutan Peraturan Gubernur No. 56 tahun 2009 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelayanan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat. Peraturan itu muncul karena adanya keputusan Menteri dalam Negeri RI Nomor 061.1/9037/SJ terkait pembubaran Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Perpustakaan Daerah Provinsi Kalbar. Dalam keputusan menteri itu tidak direkomendasikan (UPTD) karena pelaksanaannya dianggap masih dapat diwadahi dinas dan dikerjakan oleh pejabat fungsional.

Perpustakaan Daerah dikatakan sebagai perpustakaan terbesar di Kalbar yang menjadi tempat berkumpulnya berbagai golongan masyarakat. Sangat disayangkan jika perpustakaan daerah terjadi penutupan tentu akan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap kualitas membaca dan kecerdasan bangsa ini mengapa demikian? karena kepintaran, kecerdasan dalam memahami permasalahan kehidupan salah satunya dapat dicapai dengan kebiasaan membaca.

Nah wadahnya sudah ada dengan berdirinya perpustakaan daerah yang harus dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat, padahal sudah jelas dibangunnnya gedung untuk perpustakaan bertujuan agar dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber pengetahuan dan sebagai informasi seluas-luasnya melalui membaca. Manfaatkanlah  perpustakaan daerah dengan sebaik-baiknya jika ingin melahirkan generasi-generasi bangsa yang berwawasan luas dan mendalam, galakkan gemar membaca karena dengan membaca merupakan awal bagi kita ketahui, untuk membuka jendela dunia yang lebih spesifik lagi untuk mewujudkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

Persepsi masyarakat terkait perpustakaan hanya gudang tumpukan buku yang dikikis dengan budaya membaca sehingga dengan menanamkan prinsip hidup satu hari tanpa membaca hambar rasanya, bagaikan sayur dimasak tanpa garam. Penulis mengajak masyarakat khususnya para pemuda putra daerah Kalimantan Barat untuk senantiasa memperbaharui diri dengan membaca dan memanfaatkan perpustakaan daerah dengan budaya membaca.

Luangkan waktu kita untuk mengunjungi perpustakaan, karena dengan mengunjungi perpustakaan dapat menambah ilmu pengetahuan sehingga pendidikan di daerah Kalbar akan meningkat.

Minat membaca masya

http://www.pontianakpost.co.id/perpustakaan-naungan-minat-baca

SumberPontianak Post
BAGIKAN