Prioritas Bangun Rumah Sakit di Pontianak Utara

28
0
BAGIKAN

Masyarakat Kota Pontianak di bagian utara menuntut adanya pembangunan rumah sakit di kawasan tersebut agar memudahkan pelayanan kesehatan dan mempersingkat jarak ke pelayanan kesehatan rujukan tanpa harus terkendala kemacetan yang terjadi di Jembatan Landak dan Kapuas I.

Hal tersebut diungkapkan warga Pontianak Utara dalam kesempatan kampanye dialogis bersama Calon Walikota nomor urut 2, Edi Rusdi Kamtono, saat bertatap muka di Jalan Kebangkitan Nasional beberapa waktu lalu.

Beberapa suara masyarakatkan yang mengeluhkan jauhnya pelayanan kesehatan rujukan seperti Rumah Sakit Umum Kota Pontianak dan bahkan Rumah Sakit Umum Dr Soedarso untuk rujukan provinsi. Sebagai wilayah yang dipisahkan oleh Sungai Landak dan Sungai Kapuas, masyarakat Pontianak Utara hanya bisa mengandalkan Fasilitas Kesehatan tingkat Pertama yang setara rumah sakit kelas D, yakni Puskesmas Siantan Hilir. Rumah Sakit terdekat yang dapat dijangkau pun hanya RS Yarsi yang berada di wilayah Pontianak Timur.

“Kami di sini tidak punya rumah sakit, pak. Apalagi jika dalam keadaan darurat seperti sekarang ini harus mengantre di Jembatan Landak dan kemudian Jembatan Kapuas I. Padahal kami masyarakat Kota,” ujar warga menyampaikan aspirasi kepada Edi Kamtono.
Calon petahana yang telah lima tahun menjadi wakil walikota mendampingi Sutarmidji tersebut menyambut aspirasi warga. Edi mengatakan dalam visi misi dan program kerja yang telah disusun, Kecamatan Pontianak Utara menjadi prioritas dalam pembangunan fasilitas pelayanan publik yang selama ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya di bidang pelayanan kesehatan rujukan.

“Antusiasme masyarakat Batu Layang khususnya dan Pontianak Utara pada umumnya, ingin daerahnya maju dan berkembang dengan infrastruktur yang berkualitas,” ungkap Edi.

Ditambahkannya, pertanyaan-pertanyaan seputar masalah infrastruktur, pendidikan dan kesehatan menajdi topik utama yang diharapkan warga. “Dan ini menjadi catatan bagi kami ke depan untuk memprioritaskan program-program yan gmemang sudah masuk di dalam visi misi dan program kita, bagaimana untuk menata kawasan Pontianak Utara ini menjadi kawasan yang tentunya akan lebih maju dari kondisi saat ini,” papar Edi.

Dia meyakinkan masyarakat bahwa harapan-harapan tersebut akan bisa diwujudkan. Tidak hanya fasilitas pelayanan kesehatan saja, infrastruktur dan transportas serta pendidikan juga akan dibangun mengingat jumlah masyarakat di wilayah Pontianak Utara juga semakin pesat pertumbuhannya.

“Masalah rumah sakit, transportasi, masalah drainase dan TPA (tempat pembuangan akhir sampah) serta ruang terbuka hijau dan tempat bermain akan kami prioritaskan dan kami yakinkan bahwa kami bisa wujudkan itu,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini