Programkan Sekolah Unggulan di Tiap Kabupaten

9
0
BAGIKAN

NGABANG – Calon Gubernur Kalimantan Barat (Cagub Kalbar) nomor urut 2, dr. Karolin Margret Natasa mengatakan dirinya akan membangun sekolah unggulan di setiap kabupaten. Sekolah  unggulan dinilai penting untuk meningkatkan daya saing dan kualitas pelajar di Kalbar.

“Kita tidak membangun sekolah baru, tetapi menunjuk sekolah yang sudah ada dan memenuhi syarat untuk menjadi sekolah unggulan di tiap kabupaten,” kata Karolin di Ngabang, Jumat (30/3).

Karolin menjelaskan, kelebihan sekolah unggulan yakni akan ada asrama di dalamnya, sehingga siswa benar-benar mengenyam pendidikan yang maksimal. Selain itu, sekolah unggulan juga akan dilengkapi fasilitasnya, untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

“Gambarannya, meski sekolah unggulan ini nantinya akan berada di ibu kota kabupaten/kota,  namun akan ada kuota untuk setiap kecamatan yang ada. Tentunya kuota ini akan dipenuhi dengan sistem seleksi yang ketat, mulai siswa dari tingkat SMP,” jelas cagub perempuan satu-satunya itu.

Sebagai putra daerah yang berasal dari wilayah pedalaman Kalbar, Karolin paham betul dengan kendala yang dihadapi masyarakat, khususnya di bidang pendidikan. Oleh sebab itu, politisi yang pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dua periode itu berharap sekolah unggulan nanti akan menjaring siswa terbaik dari setiap kabupaten/kota sehingga mereka bisa bersaing dengan siswa luar atau dari perkotaan.

“Kenapa ini menjadi rencana kita, karena saya melihat anak-anak kita selalu kalah bersaing ketika mengikuti berbagai tes yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat atau mendapatkan beasiswa dari lembaga tertentu di tingkat nasional,” katanya.

Karolin menyebutkan, program sekolah unggulan akan dijalankannya jika mendapat dukungan masyarakat untuk menjadi Gubernur Kalbar. Konsep itu akan dilaksanakan sejak tahun pertama pemerintahan. Pada tahun kedua, pembangunan fasilitas di dalam sekolah unggulan akan dilengkapi sehingga pada tahun ketiga pemerintahan, penerimaan siswa baru sudah dapat dilaksanakan.

“Ini bukan hal yang muluk, dan bisa kita lakukan, karena kewenangan pengelolaan SMA/SMK ada di bawah pemerintah provinsi. Sudah bisa dipastikan, dampak dari sekolah unggulan ini akan kita rasakan ke depan, di mana generasi muda Kalbar akan semakin baik dan bisa bersaing dengan siswa dari luar Kalbar,” jelasnya.

Tekad membangun sekolah unggulan ini juga selaras dengan latar belakang pendidikan Calon Wakil Gubernurnya, Suryatman Gidot sebagai pendidik. Dengan latar belakang sebagai seorang guru, tentunya komitmen membangun sekolah unggulan ini akan menjadi target utama yang direalisasikan pasangan Karolin–Gidot jika terpilih.(mckg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini