Ria Norsan akan Kembangkan Madu Hutan Kapuas Hulu

36
0
BAGIKAN
TINGKATKAN EKONOMI: Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan Ria Norsan saat menghadiri acara debat publik, dua hari lalu. Pasangan ini komit meningkatkan kesejahteraan warga.

Wujud Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Warga

JONGKONG РRoad show silaturahmi dan kampanye dialogis Calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) 2018-2023 nomor urut tiga, Ria Norsan selalu dipadati warga.  Seperti pada kampanye dialogis di Kecamatan Jongkong, Sabtu (31/3) lalu. Ribuan warga dari perwakilan desa yang ada di Kecamatan Jongkong antusias hadir mendengarkan pemaparan visi misi dan program dari Ria Norsan.

Dalam pemaparannya di hadapan ribuan warga, Ria Norsan sempat menyinggung madu hutan dari Kapuas Hulu, khususnya madu hutan asal Jongkong dan daerah lain di Kapuas Hulu yang ditampilkan sejumlah  masyarakat di acara itu.

“Madu hutan asal Kapuas Hulu sudah cukup terkenal. Saya kalau diberi amanah warga, siap mengembangkan madu hutan Kapuas Hulu sebagai produk unggulan dari alam Kalimantan Barat sehingga bisa mendorong peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Kalbar,” katanya.

Sebagai salah satu mata pencaharian utama masyarakat, madu hutan Kalbar cukup memiliki perbedaan keunggulan dengan madu asal daerah lain di Indonesia. Nah, dengan modal keunggulan ini, kata Ria Norsan, dirinya yakin pemanfaatan madu hutan yang hari ini hanya sebatas pada industri rumahan, ke depan bisa dijadikan industri skala besar tanpa meninggalkan keasliannya.

“Kapuas Hulu madu hutannya juga cukup terkenal. Tinggal sekarang pemerintah provinsinya mau serius membina usaha masyarakat ini. Kalau saya dan Pak Sutarmidji siap 100 persen mengembangkannya,” beber Ria Norsan.

Bentuk riil tentang pengembangan usaha madu hutan menurutnya adalah dengan membentuk koperasi petani dan promosi gencar mengenai keunggulan produk tersebut kepada masyarakat luas yang dimediasi oleh Pemerintah Provinsi Kalbar.

Bercerita tentang madu hutan, Ria Norsan mengaku jika dirinya beserta keluarga juga sering mengonsumsi madu hutan. Terlebih di tengah kondisi makin padatnya aktivitas selama kampanye pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar. Ria Norsan rutin mengonsumsi madu untuk selalu menjaga stamina biar tetap prima.

“Saya kalau mau beraktivitas selalu minum madu dulu. Apalagi seperti sekarang, setengah wajib kalau minum madu itu. Kalau ngga percaya tuh di dalam mobil atau tas saya pasti saya bawa madu asal Kapuas Hulu,” canda Ria Norsan.

Sementara H. Iskandar Merami (57), seorang warga petani madu hutan asal Kecamatan Jongkong menyebutkan, dalam setahun masyarakat bisa panen madu hutan sebanyak dua kali. Setiap kali panen bisa menghasilkan 30 sampai 40 juta per keluarga.

“Kami menyambut baik apapun yang akan dilakukan pasangan Midji-Norsan dalam mengembangkan usaha madu hutan di daerah kami. Kami yakin dengan keberpihakan kepada petani, Pak Midji dan Pak Norsan mampu membawa perubahan ekonomi masyarakat di daerah,” tandasnya.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini